Tebarkan Manfaat Setiap Saat

Anesvap

Beberapa waktu ini, gadai mobil tanpa BPKB di Jakarta semakin diminati. Kredit mobil yang masih banyak dipilih membuat peluang dilakukan gadai ini juga tinggi. Terlebih ada banyak pula lembaga gadai yang menerima jenis pinjaman ini.

Menggadaikan mobil tanpa jaminan BPKB memang bukan produk baru lagi. Inilah yang disebut dengan penggadaian mobil tanpa BPKB. Di mana mobil yang masih kredit alias belum lunas dan belum memiliki BPKB adalah yang digadaikan.

Syarat Gadai Mobil Tanpa BPKB

Pada dasarnya, menggadaikan mobil dengan atau tanpa BPKB tidak jauh berbeda. Nilai jumlah pinjaman yang diajukan juga bisa mencapai puluhan hingga ratusan juta. Hanya saja dalam persyaratannya ada beberapa poin yang ditambahkan.

Persyaratan tersebut tentu harus dipenuhi semuanya untuk bisa melakukan gadai tanpa BPKB. Untuk itu, ketahui apa saja syarat-syaratnya. Nah, berikut adalah beberapa syarat gadai mobil tanpa BPKB yang perlu Anda tahu:

  • Tempat Kredit Mobil Merupakan Lembaga Resmi

Syarat pertama, tempat di mana Anda melakukan kredit mobil harus merupakan lembaga resmi. Yakni lembaga pembiayaan yang sudah mendapatkan perizinan usaha alias legal dan telah terdaftar di OJK. Beberapa lembaga tersebut antara lain yaitu Adira, BFI dan lainnya.

  • Tidak Memiliki Riwayat Kredit Macet

Meski terkesan lebih rumit dibanding bila gadai dengan BPKB, syarat ini sangat penting untuk dipenuhi. Jika tidak, maka siap-siap saja pengajuan pinjaman uang dengan jaminan mobil tanpa BPKB akan ditolak.

Untuk itu, pastikan Anda tidak punya riwayat kredit macet sebelumnya. Karena dari pihak gadai juga akan melakukan survey ke tempat kredit mobil Anda.

  • Melengkapi Semua Syarat Administrasi

Syarat yang diminta biasanya seputar dokumen mobil dan identitas diri. Seperti KTP, STNK, Surat Akad Kredit dan lain sebagainya. Serta wajib mengisi formulir pengajuan gadai dan menaati perjanjian kredit. Penting diingat, jangan pernah memalsukan identitas atau memberikan informasi palsu.

  • Mobil Memenuhi Syarat Gadai

Ada beberapa persyaratan yang harus mobil penuhi, yaitu:

  • Mobil dalam kondisi baik dan masih layak jalan
  • Merupakan mobil milik pribadi, bukan perusahaan atau orang lain
  • Sisa cicilan mobil kredit kurang dari 24 bulan
  • Pajak mobil dalam kondisi hidup

Cara Gadai Mobil Tanpa BPKB

Cara Gadai Mobil Tanpa BPKB

Menggadaikan mobil tanpa BPKB memang lebih mudah dan lebih menguntungkan. Tapi walau demikian, penting untuk Anda patuhi prosesnya agar aman. Seperti di bawah ini, berikut adalah cara gadai mobil tanpa BPKB:

  • Tentukan Tempat Akan Dilakukan Gadai

Sebelumnya, tentukan dulu di mana Anda akan melakukan gadai. Yang pasti, itu harus di tempat yang legal, terdaftar di OJK dan memiliki reputasi baik. Dengan begitu, proses gadai Anda berjalan aman dan lancar.

  • Persiapkan Berkas

Berkas-berkas dokumen yang diminta sebagai persyaratan, persiapkan semua. Jangan ada yang tertinggal dan pastikan sesuai ketentuan. Dengan begitu, Anda tidak perlu bolak-balik hanya untuk melengkapi persyaratan.

  • Isi Formulir Pengajuan

Untuk tahap ini, Anda wajib mengisikan seluruh data di form pengajuan. Datangi kantor gadai lalu minta dan isikan form pengajuan. Isi secara lengkap dan jujur, kemudian ikuti langkah-langkah yang diarahkan selanjutnya.

  • Proses Pencairan Dana Pinjaman

Setelah pengajuan disetujui, Anda tinggal menunggu pencairan dana pinjaman. Di mana dana ini akan dikirimkan melalui nomor rekening Anda. Dengan besar nominal sejumlah yang sudah disepakati.

Yang terpenting saat gadai mobil tanpa BPKB di Jakarta, pastikan agar prosedur yang dilakukan tepat dan sesuai. Sehingga kebutuhan finansial dapat terpenuhi dan mobil kredit Anda juga tetap aman.